Powered by Blogger.

Pages

Tuesday 1 April 2014

Mengalami Kehadiran Tuhan


Ringkasan Khotbah Minggu, 1 Desember 2013
Pdt. N. Runkat

Kisah Para Rasul 10:40-41 "Yesus itu telah dibangkitkan Allah pada hari yang ketiga, dan Allah berkenan, bahwa Ia menampakkan diri, bukan kepada seluruh bangsa, tetapi kepada saksi-saksi, yang sebelumnya telah ditunjuk oleh Allah, yaitu kepada kami yang telah makan dan minum bersama-sama dengan Dia, setelah Ia bangkit dari antara orang mati."

Ayat-ayat diatas merupakan khotbah atau Kesaksian Petrus tentang Yesus Kristus kepada Kornelius. seorang yang bukan Yahudi tetapi rindu akan kebenaran Firman Tuhan. Yesus Kristus telah disalibkan karena dosa umat manusia, masuk dalam dunia maut tetapi pada hari yang ketiga Allah membangkitkanNya. Setelah kebangkitan, Yesus menampakkan diri kepada murid-muridNya. Penampakan Yesus kepada murid-muridNya ini menunjukkan kehadiranNya. Murid-muridNya yang saat itu merasa frustasi, kehilangan arah dan harapan tetapi  kehadiran Yesus adalah untuk menghibur, menguatkan dan menunjukkan kepada murid-muridNya bahwa Ia telah menang atas maut, ini adalah suatu kabar kemenangan di tengah penderitaan murid-murid setelah kematian Yesus. Tetapi mengapa tidak kepada semua orang? Mengapa hanya kepada orang-orang yang ditentukan saja? Allah telah menentukan siapa saja yang mengalami kehadiranNya, ini berarti ada kriteria khusus.
Matius 5:8 " Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah."
Tuhan menampakkan diriNya hanya kepada orang-orang pilihanNya yaitu  mereka yang hidup dalam kekudusan, yang mau menderita bersama Kristus, yang mata hatinya diterangi iman, yang hidup selalu didalam Tuhan, yang taat akan Firman Tuhan dan yang hatinya suci. Tuhan menampakkan diriNya sama dengan menunjukkan kehadiranNya dan apabila Ia hadir maka akan ada mujizat seperti pada waktu Petrus gagal menangkap ikan ( Yoh 21:1-14), memberikan penghiburan (Yoh 20:19-20), menguatkan hati yang lemah (Yoh 20:27-28) , membela serta memberikan kemenangan. Jika kita hidup di dalam Tuhan maka kita akan selalu bersukacita karena ada iman, walaupun banyak tantangan tetapi Tuhan menunjukkan kehadiranNya dan mewujudkan KuasaNya yang tidak terbatas di dalam kita.

Orang-orang yang mengalami kehadiran Tuhan inilah yang merupakan saksi-saksi Tuhan juga. Karena bukan kepada seluruh bangsa Ia menampakkan diri tetapi hanya kepada saksi-saksi. Sebelum Yesus terangkat naik ke Sorga, Ia memberikan Amanat Agung :
Kisah Para Rasul 1:8 " Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."
Saksi Tuhan akan diperlengkapi dengan Kuasa Roh Kudus dan sebagaimana Rasul-Rasul menantikan perjanjian Allah dengan SEHATI BERTEKUN dalam DOA (Kis 1:12-14), marilah kita tetap bertekun dalam Doa dan tetap minta selalu dipenuhkan KUASA ROH KUDUS karena Tuhan akan menampakkan diri lewat KuasaNya, lewat Firman Allah dan lewat Roh Kudus, itulah tanda kehadiran Tuhan. Dalam Kisah Rasul 1:3 menyatakan bahwa Yesus berulang-ulang menampakkan diri, mengadakan mujizat dan berbicara tentang Kerajaan Allah maka bila kita hidup sebagai saksi Tuhan dan bertekun dalam Dia, Tuhan akan menunjukkan kehadiranNya dalam hidup kita. Mengadakan mujizat, menguatkan iman kita, memberikan kemenangan-kemenangan dalam keterbatasan hidup kita. Carilah Hadirat Tuhan selalu!


HALELUYA


0 comments:

Post a Comment