Powered by Blogger.

Pages

Monday 21 April 2014

Menjadi Seperti Yesus, melayani dengan Kasih



Bacaan Renungan Firman Tuhan : Yohanes 13: 1-20

(4) Lalu bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan dan mengikatkannya pada pinggang-Nya,
(5) kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu.

Salah satu kejadian sebelum paskah diceritakan dalam Yohanes 13. Saat itu di dalam ruangan itu berkumpul murid-murid Yesus dan juga Yesus. Yesus sudah mengetahui bahwa waktunya sudah sangat dekat bahwa Ia akan diserahkan untuk menjalani hukuman mati. Kita bisa membayangkan suasana hati Yesus saat itu, tapi ditengah semuanya itu Yesus mengajarkan satu hal pada murid-muridnya yaitu MELAYANI DENGAN KASIH.

Konsep MELAYANI ini diperkenalkan atau dicontohkan Yesus sangat berbeda dengan konsep dunia. Jika di dunia ini khususnya pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa melakukan moto melayani, akan tetapi atas dasar agar pelanggannya tidak beralih pada perusahaan lain dan agar nama perusahaan semakin baik serta akhirnya perusahaan ini mendapatkan profit atau laba atau keuntungan. Tetapi Yesus mengambil bagian melayani yang paling hina yaitu sebagai orang yang membasuh kaki murid-muridNya yang sebenarnya tidak layak Ia lakukan, tanpa motivasi untuk mencari keuntungan diriNya sendiri.

2 orang dari antara muridNya yang menonjol pada Yohanes 13 ini adalah Yudas Iskariot dan Petrus. Yudas Iskariot salah satu murid Tuhan yang cintanya kepada harta (dunia) lebih besar dari cintanya kepada Yesus sehingga mengkhianati gurunya sendiri. Simon Petrus merupakan murid Tuhan yang imannya sering goyah. Yesus sangat mengenal murid-muridNya itu, ketika Ia membasuh kaki Yudas, Yesus tahu bahwa Ia membasuh kaki orang yang akan mengkhianati dan menjual diriNya. Dan saat Yesus membasuh kaki Petrus, Yesus tahu bahwa Ia membasuh kaki orang yang akan menyangkal diriNya.

Ini adalah teladan yang diberikan Yesus kepada kita sebagai murid Tuhan. Membasuh kaki bukan hanya secara lahiriah  tetapi menempatkan diri kita sebagai seorang hamba yang melayani Tuhan dan mengasihi sesama dengan kasih. Marilah kita mengiring Tuhan sesuai dengan teladan yang diberikan Yesus dan melayani Tuhan dengan dasar KASIH meskipun kita berada di tengah orang yang merendahkan, mengkhianati, bahkan ditengah penderitaan sekalipun. Karna walaupun Yesus mengalami penderitaan namun Ia sudah bangkit dan memberikan jalan kepada kita agar menjadi pemenang bahkan lebih dari pemenang di dalam Dia. Karena janjiNya yaitu Yohanes 13:17 "Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya."-DHK-

song :
Melayani melayani lebih sungguh 
Melayani melayani lebih sungguh 
Tuhan lebih dulu melayani kepadaku
Melayani melayani lebih sungguh




1 comment:

  1. Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31, sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

    Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha

    Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha "

    Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

    Diucapkan juga kalimat berkat seperti ini setelah diucapkannya Shema

    " . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )

    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜✍🏼🕯️❤️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🦁🦅🐂🐏🐑🐎🦌🐪🕊️🐍₪🇮🇱

    ReplyDelete