Powered by Blogger.

Pages

Wednesday 3 September 2014

Mujizat atas pemberitaan Firman Allah


Ringkasan Khotbah Minggu 26 Januari 2014
Pdt. N Runkat


1 Korintus 2:4 "Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh,"
Rasul Paulus mengakui dalam dia memberitakan injil keslamatan, hikmat sangat diperlukan, tetapi bukan dengan hikmat manusia tetapi dengan hikmat Allah. Sejak jaman rasul-rasul hingga kini pun banyak filsafat-filsafat dunia yang tumbuh dengan penggunaan kata-kata motivasi yang indah. Tetapi sekali lagi kita mesti mengingat bahwa filsafat, kata-kata hikmat manusia itu sangat terbatas, tidak dapat dibandingkan dengan hikmat Allah. Memberitakan Firman Allah artinya memberitakan tentang Yesus ataupun bersaksi tentang Tuhan jangan dilakukan dengan hikmat atau cara dunia, karena Firman Allah hanya akan berakhir menjadi sebuah kata-kata biasa yang tidak mengandung kekuatan Roh dan Kuasa.

Ketika Yesus masih ada di dunia ini, Ia berkeliling untuk mengajar Firman Allah bahkan disertai mengadakan banyak mujizat. Ini adalah bukti bahwa Pemberitaan Firman Allah yang disampaikan dengan hikmat Allah dan kuasa Roh Kudus menghasilkan MUJIZAT . Mujizat yang sanggup menyembuhkan orang sakit, mengubahkan hati, membuat orang menjadi percaya. Dalam Yohanes 4:1-42 diceritakan tentang Yesus yang sedang bercakap cakap dengan seorang perempuan samaria, bangsa yang tidak mengenal Tuhan. Dalam perbincangan ini Yesus memberitakan Firman Allah kepada wanita ini. Yesus tahu benar keberadaan wanita samaria ini, segala dosanya dan setiap detail hidupnya. Wanita ini segera merespon Firman yang diberitakan Yesus. Firman itu sudah mengubahnya menjadi orang percaya.

Wanita ini tidak tinggal diam, sebagaimana rasul Paulus yang diubahkan oleh Tuhan lalu menjadi pemberita Firman, wanita ini pun menceritakan tentang Yesus kepada banyak orang di Samaria, tempat asalnya. Firman Tuhan sudah mengubah wanita ini hingga ia tidak tahan untuk bersaksi, memberitakan Firman itu kepada orang yang belum mengenal Allah. Yoh 4:39 "Dan banyak orang Samaria dari kota itu telah menjadi percaya kepada-Nya karena perkataan perempuan itu, yang bersaksi:"Ia mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat." Kata-kata wanita itu telah mengubah hati orang banyak sehingga percaya kepada Tuhan, bukan karena ia pintar berbicara alias memiliki hikmat manusia. Karena secara lahiriah, ia bukan orang beragama bahkan tidak layak untuk dipercaya dalam perkataan, karena ia memiliki 5 suami bahkan ia tinggal bersama dengan pria yang bukan suaminya (yoh 4:17-18). Wanita ini mengalami mujizat perubahan hidup, sehingga ia bersaksi dan memberitakan Firman Allah dengan hikmat Allah disertai dengan kuasa Roh dan ada mujizat! Banyak orang Samaria menjadi percaya dan mencari Yesus.

Yohanes 4:40 banyak orang Samaria yang meminta Yesus menetap tinggal lebih lama lagi karena mereka ingin lebih banyak mendengar tentang Firman Kristus. Yesus akan selalu mengabulkan hati yang rindu dan haus , Firman yang mengandung hikmat Allah akan membuat kita semakin rindu akan kebenaranNya. Bahkan Yoh 4:41 ada lebih banyak lagi orang menjadi percaya, dan pada puncaknya Yoh 4:42 "dan mereka berkata kepada perempuan itu: "Kami percaya, tetapi bukan lagi karena apa yang kaukatakan, sebab kami sendiri telah mendengar Dia dan kami tahu, bahwa Dialah benar-benar Juruselamat dunia" mereka menjadi lebih percaya lagi, naik kepada level yang lebih tinggi lagi untuk percaya kepada Firman Allah. Awalnya mereka menjadi percaya akan pemberitaan Firman Allah lewat wanita Samaria ini tetapi ketika mereka langsung bertemu Yesus, mereka menjadi lebih percaya lagi, bahwa Yesuslah Juruselamat dunia. Mujizat yang beruntun akibat dari pemberitaan Firman Allah dengan hikmat Allah.

Kita sebagai orang yang sudah percaya seperti wanita Samaria ini, baiklah kita selalu rindu diubahkan oleh Roh Kudus agar dapat menjadi saksi-saksinya Allah, menjangkau jiwa lewat kesaksian dan Firman Tuhan. Bukan dengan kemampuan hikmat manusia, kata-kata yang indah, kata-kata motivasi yang hanya berasal dari kemampuan manusia yang terbatas, mintalah  Roh Kudus yang memampukan kita menjadi saksi Tuhan yang memberitakan Firman dengan hikmat Allah, maka kita akan melihat banyak mujizat yang mengubahkan hidup orang lain menjadi percaya bahkan lebih percaya lagi kepada Tuhan.

HALELUYA








0 comments:

Post a Comment