Powered by Blogger.

Pages

Saturday 6 September 2014

Saksi


Bacaan Renungan :
Kis 1: 8 "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Suatu waktu, saya diminta oleh teman saya untuk menjadi saksi atas kasusnya di kepolisian. Bukan kasus besar sebenarnya, saya menyanggupinya. Dan ternyata hal ini cukup menguras waktu dan energi saya. Saya harus bolak balik dipanggil ke kepolisian untuk melengkapi pernyataan untuk bukti kasus itu. Beberapa kasus lain yang pernah saya baca di surat kabar, keberadaan saksi pada kasus kecelakaan lalu lintas yang awalnya mau menolong korban kecelakaan, kadangkala justru menyeret saksi tersebut menjadi tersangka. Akhirnya orang banyak berkencederungan untuk menghindar bila diminta menjadi saksi karna banyaknya resiko yang harus dihadapi sebagai seorang saksi.

Namun perintah Tuhan Yesus sangat jelas kepada semua murid Tuhan sebelum Ia naik ke Sorga. Tuhan mau kita semua menjadi saksi-Nya. Sebagaimana menjadi saksi secara duniawi, menjadi saksi Tuhan juga menimbulkan resiko. Mulai dari ketika kita hidup tidak mengikuti gaya hidup dunia ini, kita mulai ditinggalkan teman-teman kita dan dicemooh. Ketika kita memperlihatkan identitas kita sebagai pengikut Kristus, urusan-urusan kita mulai dipersulit dengan birokrasi yang tidak semestinya. Ketika kita mulai menceritakan tentang Kasih Tuhan kepada orang yang belum mengenal Tuhan, kita bisa jadi dibenci. Ada banyak resiko yang harus dihadapi anak Tuhan yang mau menjadi saksi Tuhan.

Tetapi Allah kita sungguh sangat baik, Ia mengerti keterbatasan dan ketidakmampuan kita. Janji-Nya bahwa kita menjadi saksi bukan seorang diri tetapi Roh Kudus yang menolong kita, memberikan hikmat bagaimana harus berkata-kata, menghibur ketika kita dikecewakan dan dikuatkan ketika kita mulai lemah dengan berbagai resiko yang ada. Allah mau, kita dapat mengalami pengalaman rohani saat Roh Kudus menolong kita saat kita menjadi saksi Tuhan.

Jadilah saksi Tuhan, minta Roh Kudus memimpin dan kita akan melihat bagaimana Roh Kudus bekerja luar biasa melalui hidup kita. -HIS-

































0 comments:

Post a Comment