Powered by Blogger.

Pages

Wednesday 6 November 2013

Ketenangan di tengah Goncangan


Ringkasan Khotbah Ibadah Minggu Pagi, 13 Oktober 2013
Pdt. Harry Sanger


2 Timotius 3:1
"Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar."



Ayat diatas merupakan nubuatan tentang akhir zaman, bahwa sebelum kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya, yaitu pada masa-masa ini merupakan masa yang sukar. Segala sesuatu digoncangkan, keadaan politik, ekonomi dan segala aspek di dunia diguncangkan hari-hari ini. Berita yang terakhir kita dengar adalah Amerika sebagai negara adidaya yang kekuatan politik dan ekonominya  teratas diantara negara-negara di muka bumi ini juga mengalami kegoncangan yaitu pada tanggal 1 Oktober 2013 pemerintahannya mengalami 'shutdown' alias lumpuh karena tidak ada anggaran. Adanya ketidaksepakatan anggaran negara antara 2 kubu partai politik menyebabkan ditutupnya seluruh pelayanan publik kecuali sektor kesehatan dan keamanan sehingga  ratusan ribu pegawai negri dirumahkan sementara tanpa digaji. Keadaan ini sangat kacau karena menyebabkan terpuruknya perkenomian di Amerika karena berdampak pada gagal bayar hutang negara Amerika yang sudah jatuh tempo. Mata dunia tercengang melihat kegoncangan yang terjadi pada negara terkuat di dunia ini.

Ini menunjukkan tidak ada sesuatu di dunia ini yang menjadi tempat yang aman bagi goncangan-goncangan akhir zaman seperti yang dinubuatkan dalam Alkitab. Kita sebagai orang percaya juga akan digoncangkan pada akhir zaman dengan tujuan untuk menyempurnakan orang percaya sebagai gereja Tuhan yang siap sebagai mempelai wanita menyambut kedatangan Tuhan yang kedua kalinya. Ujian demi ujian akan kita hadapi dimana Tuhan ingin menempa kehidupan kita agar sempurna seperti Tuhan yang adalah sempurna. Efesus 5:27 "supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela."


Mengucap syukur kepada Tuhan kalau kita mengalami ujian dan goncangan dalam hidup kita. Pegang terus Firman Allah dan berlindung dalam hadiratNya senantiasa. Dalam Alkitab diceritakan tentang Raja Daud yang terus menerus mengalami goncangan tetapi hatinya tetap tenang karena ia dekat dengan Allah. Mazmur 62:2 "Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku." Apa yang dinubuatkan Firman Tuhan pasti terjadi. Nubuatan tentang akan datangnya masa yang sukar akan kita alami tetapi ada jaminan ketenangan yang Tuhan sediakan buat orang percaya bahwa dekat dengan Tuhan akan memberikan ketenangan ditengah goncangan yang berat sekalipun.


HALELUYA!



Pdt Harry Sanger merupakan gembala sidang GPdI El Shaddai Kenjeran Surabaya.





0 comments:

Post a Comment