Powered by Blogger.

Pages

Saturday 23 November 2013

Kita Telah Ditentukan untuk menjadi Terang




Kis 13:47-48 "Sebab inilah yang diperintahkan kepada kami: Aku telah menentukan engkau menjadi terang bagi bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, supaya engkau membawa keselamatan sampai ke ujung bumi.
Mendengar itu bergembiralah semua orang yang tidak mengenal Allah dan mereka memuliakan firman Tuhan; dan semua orang yang ditentukan Allah untuk hidup yang kekal, menjadi percaya."

Suatu hari ketika saya bertamu di perayaan ulang tahun kerabat saya, ditengah-tengah keceriaan pesta ulang tahun yang meriah, saya mendengar seorang penyanyi menyanyikan lagu rohani yang tidak asing di telinga saya "...bukan karna kekuatan namun RohMu ya Tuhan, ketika kuberdoa mujizat itu nyata." Kerabat saya bercerita bahwa yang bernyanyi itu adalah temannya, seseorang yang belum kenal Tuhan. Saya mendengar penyanyi itu bernyanyi dengan penuh penghayatan dan hati saya menjadi sangat terharu. Saya percaya ada Kuasa di dalam lagu pujian kepada Tuhan. Bukan hal yang tidak mungkin jika Roh Kudus menjamah penyanyi itu dan ia menjadi percaya kepada Tuhan. Tuhan punya banyak cara untuk memanggil orang yang tidak percaya menjadi percaya kepada Tuhan.

Dalam Kisah Para Rasul 13:13-49, Paulus dan kawan-kawannya dalam pelayanan penginjilan di kota Antiokhia, mendapat respon positif dari penduduk di kota itu sehingga mereka mengundang Paulus kembali untuk memberikan pengajaran injil. Akan tetapi Paulus juga mendapat respon negatif dari orang Yahudi yang iri karna melihat hampir seluruh penduduk kota itu berkumpul untuk mendengarkan khotbah Paulus. Paulus berkeyakinan bahwa ia telah ditetapkan Tuhan untuk mengabarkan injil keslamatan kepada orang-orang yang tidak mengenal Allah sampai ke ujung bumi. Walaupun banyak pertentangan tapi Tuhan menyertai pelayanan Paulus hingga banyak jiwa diselamatkan dan menjadi percaya kepada Tuhan melalui pelayanan Paulus.

Tugas yang sama Tuhan amanatkan agar kita menjadi terang dan saksi Tuhan serta membawa jiwa-jiwa kepada Tuhan. Ini bukan tentang kehebatan kita menjadi saksi Tuhan, tetapi apakah kita bersedia dipakai dalam pelayananNya. Apabila kita tidak bersedia pun, Tuhan punya banyak cara untuk memanggil orang untuk datang dan percaya kepada Tuhan. Tuhan bisa menggerakkan hati seseorang tanpa perantaraan manusia sekalipun. Namun apabila kita bersedia menjadi saksi Tuhan dan membawa keslamatan pada orang yang belum percaya maka Tuhan akan menyertai pelayanan kita sebagaimana Paulus mendapat penyertaan Tuhan dalam pelayanannya.

Ada banyak orang di dunia ini yang sudah ditentukan Allah untuk menjadi menjadi percaya tetapi masih hidup dalam kegelapan sampai saat ini. Maukah anda dipakai menjadi alatNya? Mari bergerak melayani Tuhan dan memberi kesaksian tentang keslamatan dengan berbagai cara atau media apapun yang dapat kita gunakan. Ucapan 'Tuhan memberkati' atau 'Tuhan mengasihimu' kepada orang lain akan menyentuh hatinya bila selama ini ia tidak pernah merasakan kasih dan berkat yang sejati. Perdengarkan lagu-lagu rohani, share ayat Firman Tuhan ataupun renungan Alkitab di media sosialmu seperti Facebook, Twitter, Path, Instragram atau lainnya. Mungkin kita tidak pernah pernah melihat hasil kesaksian kita secara nyata, tapi lakukanlah dengan penuh iman bahwa ada seseorang di 'luar sana' yang telah ditetapkan Allah untuk percaya tetapi masih dalam kegelapan dan perlu mendengar dan membaca tentang Yesus dan orang itu menjadi percaya. -DHK-







0 comments:

Post a Comment