Powered by Blogger.

Pages

Tuesday 3 December 2013

Menaklukkan Pikiran untuk Kristus


Bacaan Renungan Firman Tuhan : Matius 16:21-28

Matius 16:23 Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus:"Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagiKu, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia."

Kata-kata Yesus ini ditujukan kepada Petrus yang tidak terima ketika untuk pertama kalinya Yesus memberitahukan kepada murid-muridNya bahwa Ia akan menanggung banyak penderitaan dan akan dibunuh. Petrus yang selama ini 'dimanjakan' oleh kemuliaan, mujizat, perbuatan ajaib yang dikerjakan Yesus sehingga mata rohaninya buta mengira Hidup bersama Yesus tidak akan ada penderitaan. Pikiran Petrus ini seolah-olah 'rohani' dan terdengar mempunyai niat yang baik untuk menjauhkan Yesus dari penderitaan, tetapi yang ada dipikirannya hanya pikiran manusia dan bukan pikiran Allah dan itu tidak berkenan dihadapan Allah.

Hal yang menarik pada ayat ini adalah Yesus melihat Petrus tetapi yang dihardik adalah Iblis. Iblis membuat batu sandungan untuk Yesus melalui Petrus. Ini menjadi pertanda bahwa pikiran kita yang tidak diserahkan kepada Tuhan akan memberi tempat kepada Iblis untuk menjadi suatu batu sandungan kepada saudara kita yang lain. Dampak yang ditimbulkan hanyalah perselisihan diantara anggota jemaat, rekan sepelayanan dan saudara-saudara seiman yang lain, bahkan yang lebih buruk membuat orang yang belum mengenal Tuhan menjadi enggan untuk percaya kepada Tuhan. 

Bila pikiran kita tidak ditaklukkan dan diserahkan kepada Tuhan, maka yang kita pikirkan hanyalah kebenaran-kebenaran manusia saja. Materi, kebahagiaan dunia, keangkuhan hidup dan keuntungan pribadi saja yang kita pikirkan, walaupun bagi kita apa yang kita pikirkan bersifat rohani tapi jika itu bukan pikiran Allah maka kita memberikan tempat kepada Iblis untuk merusak hati kita dan membuat batu sandungan untuk orang lain. Renungkan Firman Tuhan setiap saat dan teruslah menjadi orang yang lapar akan kebenaran Allah maka Allah akan memuaskan kita dan memenuhi pikiran kita dengan pikiran Kristus. -DHK-

2 Kor 10:5 "Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus"


0 comments:

Post a Comment