Powered by Blogger.

Pages

Tuesday 1 October 2013

Ketidaktaatan menjadi penghalang Kedahsyatan Tuhan

Ringkasan Khotbah Ibadah Minggu Sore, 15 September 2013
Pdt. N. Runkat


Ibrani 3:15

Tetapi apabila pernah dikatakan:"Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman"


Bila kita membaca pada Mazmur 29:1-11 tentang Kebesaran Allah dalam badai dimana menunjukkan kebesaran dan kedahsyatan Allah akan mematahkan setiap kekuatan dunia ini. Selain itu ditunjukkan pula pada Mazmur 114:1-8 yang menceritakan kedahsyatan yang Allah tunjukkan melalui kejadian yang ajaib pada waktu Israel keluar dari Mesir. Mesir berbicara tentang kekuatan dunia. Ketika bangsa Israel dijajah bangsa Mesir rasanya mustahil untuk keluar. Bangsa Israel keluar dari penjajahan Mesir hanya melalui Tangan Allah yang kuat dan dahsyat.

Perjalanan bangsa Israel di padang gurun menuju ke tanah Kanaan juga banyak mengalami perbuatan dahsyat Allah. Manna, Burung Puyuh, tiang awan dan tiang api adalah sebagian kecil dari kedahsyatan Allah yang dinyatakan di tengah bangsa Israel. Namun bangsa Israel seringkali saat mengalami masalah selalu bersungut-sungut dan mengeraskan hati, sehingga bangsa Israel dikenal sebagai bangsa yang tegar tengkuk.
Allah sangat mengasihi bangsa Israel bahkan memberikan perjanjian yaitu tanah Kanaan. Akan tetapi kekerasan hati dan ketidaktaatan bangsa Israel menyebabkan mereka berputar-putar di padang gurun sebelum sampai ke tanah Kanaan.

Kita, orang percaya sebagai Israel rohani juga mempunyai pengharapan akan janji Allah tentang kemenangan yang akan kita alami di dalam Tuhan. Ulangan 28:13-14 "Tuhan akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah Tuhan, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia, dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya."  Mengikut allah lain juga berarti bicara tentang menuruti kedagingan/keinginan/hawa nafsu. Bila Tuhan berjanji pasti akan ditepatiNya, lakukan setiap perintah Tuhan dengan taat maka kita akan mengalami keajaiban dan kedahsyatan Tuhan sesuai dengan janjiNya.

Mazmur 114:8 " yang mengubah gunung batu menjadi kolam air, dan batu yang keras menjadi mata air!" Firman Tuhan dan Roh Kudus sanggup mengubah gunung batu menjadi kolam, hati manusia yang keras seperti batu menjadi mata air atau sebagai sumber kesejukan. Kita akan dipulihkan bila kita memilih hidup taat pada Firman Tuhan. Yehezkiel 36:27 " Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya." Ketidaktaatan bangsa Israel menjadi penghalang Kedahsyatan Tuhan bekerja di tengah bangsa itu. Hanya Roh Kudus yang sanggup membuat hidup kita taat akan perintah Tuhan, dimana kemenangan dan pengharapan akan janji Allah akan kita nikmati, Kanaan yang kekal, Tanah Perjanjian.

HALELUYA.






0 comments:

Post a Comment