Powered by Blogger.

Pages

Thursday 17 October 2013

KWALITAS HIDUP PEMUDA

 http://1.bp.blogspot.com/-0ZGyCCyAg9w/UZpF-CFv2HI/AAAAAAAAAXs/FF6bE3_i__Y/s1600/Proses+kualitas+hidup.jpeg


Yesaya 3:4


Bila kita lihat keadaan generasi muda yang hidup di jaman teknologi yang sangat maju seperti sekarang ini, maka akan ditemukan fakta bahwa pemuda-pemudi menghadapi permasalahan yang kompleks, misal : Tergantung dengan narkoba; Pernikahan dini; hidup keras di jalanan, bahkan tidak sedikit yang tersandung dalam kasus kriminal. Fakta-fakta ini tentu saja membuat para orang tua miris melihatnya. seharusnya, para generasi muda ada dalam keadaan yang lebih baik dan menerima bekal yang akan digunakan untuk membuat masa depannya terjamin.

Firman Tuhan dalam Yesaya 3:4 "Aku akan mengangkat pemuda-pemuda menjadi pemimpin mereka ....". Allah menyampaikan FirmanNya dalam tulisan Yesaya tentang apa yang akan dilakukan Allah kepada generasi-generasi muda. Allah akan menjadikan para pemuda menjadi seorang pemimpin yang akan memimpin orang-orang yang terpelajar secara materi/teori. Yesaya 3:2-3 menyebutkan para pahlawan dan orang-orang perang; hakim dan nabi; petenung dan tua-tua; perwira dan orang-orang terpandang; penasehat dan ahli sihir; dan orang yang paham mantera. Secara usia maupun pengalaman mereka tentu jauh lebih pintar daripada pemuda/generasi-generasi muda. Jadi, tugas ini tentu tidak mudah untuk dilakukan oleh generasi muda. Karena itu, Allah sedang mempersiapkan para pemuda yang aktif guna melakukan tugas itu. Para pemuda yang giat dalam melakukan pelayanan dan memiliki kwalitas hidup yang baik. Hal ini sangat penting, karena bagaimana mungkin menjadi seorang pemimpin kalau kualitas hidup pemuda tidak baik.  Riwayat hidup Yusuf (Kej 37-50)dapat dijadikan teladan bagi para pemuda, Yusuf dapat menjadi pemuda yang berkwalitas hidup yang bersih dan aktif dalam menghadapi hidup, antara lain :
a. ketaatan; Dalam perjalanan hidupnya Yusuf tetap taat kepada AllahNya, walaupun ketika diperhadapkan dengan keadaan yang tidak menguntungkan baginya, misal : dibenci saudara-saudaranya; dibuang; dijual; difitnah bahkan dimasukkan dalam penjara. Hasil dari ketaatannya adalah pengangkatannya sebagai pemimpin Mesir. bagaimana ketaatan generasi muda ?
b. Percaya total kepada Allah; Percaya total kepada Allah adalah modal Yusuf sabar dan tetap dalam pengharapannya akan sesuatu yang baik dari Allah. Jaga kepercayaanmu kepada Allah, maka kita akan lihat Rencana Allah bagi hidup para generasi muda. Hasilnya, Yusuf terima Hal-hal yang baik dari Allah.

Bagaimana dengan kehidupan generasi muda saat ini? Apa yang telah kita lakukan dalam upaya meningkatkan kwalitas hidup para generasi muda? Jadilah pemuda-pemuda yang aktif dengan terus meningkatkan kwalitas hidup, sehingga generasi muda siap dipakai Allah menjadi pemimpin-pemimpin.

***EMP***

0 comments:

Post a Comment